Profil Kami

Tags: About

Translations:

Page Summary: PT Pertamina Gas adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia

Type Page: About

PT Pertamina Gas adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam peran usaha niaga gas, transportasi gas, pemrosesan gas dan distribusi gas, serta bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.
 
PT Pertamina Gas didirikan pada 23 Februari 2007. Pendirian tersebut untuk memenuhi ketentuan UU No. 22/2001 dan adanya peningkatan kebutuhan komoditas gas di Indonesia sebagai alternatif energi pengganti bahan bakar minyak yang ramah lingkungan. Sekaligus upaya ini akan memberikan nilai tambah pengusahaan gas.
 
Kompetensi Pertamina dalam mengelola usaha gas selama 30 tahun mendorong untuk membentuk badan usaha tersendiri secara fokus dan profesional. Sumber daya dan aset serta jaringan bisnis yang ada menjadi andalan PT Pertamina Gas untuk mengembangkan usaha dalam koridor nilai-nilai Good Corporate Governance.
 
PT Pertamina Gas mendapatkan dukungan usaha yang kuat dari induknya, PT Pertamina (Persero), dan dari afiliasi lainnya. Saling dukung antar anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini menghasilkan sinergi yang kokoh di bidang bisnis migas. Dalam hal niaga PT Pertamina Gas telah memiliki bekal sebesar 10,4 TCF di samping mengelola infrastruktur transmisi gas di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh dan Kalimantan Timur.
 
Kekuatan lainnya, PT Pertamina Gas memiliki captive market sebesar: 2.335 MMSCFD (committed volume: 1.405 MMSCFD) di Sumatera Bagian Utara (SBU), Sumatera Bagian Selatan (SBS) dan Jawa Bagian Barat (JBB). PT Pertamina Gas juga akan tetap memelihara iklim usaha dan situasi yang kondusif di bawah koordinasi BPMIGAS, BPHMIGAS sebagai regulator serta beberapa BUMN sebagai konsumen gas terbesar.
 
Peluang usaha PT Pertamina Gas ke depan sangat terbuka lebar dengan melihat bahwa pasokan gas saat ini sedemikian terbatas, uncommitted permintaan gas menginjak tahun 2007 sudah mencapai 250 BSCF per tahun di samping meningkatnya kebutuhan gas nasional hingga 45 persen di tahun terakhir. Sejalan dengan itu Pemerintah Indonesia pun telah membuat blue print jaringan pipa gas nasional yang disebut sebagai Integrated Indonesia Gas Pipeline, dengan salah satu ruasnya, Semarang-Gresik, akan dibangun oleh PT Pertamina Gas. Prospek bisnis produk turunan gas, petrokimia dan listrik juga sangat menjanjikan di tahun-tahun mendatang.

News

15
September

Pertamina Trusted to Build Largest City Gas in Indonesia

Prabumulih, March 21st 2016 – Indonesia’s largest city gas infrastructure with total 32,000 houshold connections began to built in Prabumulih, South Sumatra. Minister of Energy and Mineral Resources Sudirman Said (03/21) attent the groundbreaking event for city gas infrastructure development for 32,000 household connections, along with gas station development in Lapangan Prabujaya, Prabumulih City, South Sumatra accompanied by the Governour of South Sumatra Alex Nurdin, Mayor of Prabumulih Ridho Yahya, and Director of HR and General Affairs PT Pertamina (Persero) Dwi Wahyu Daryoto.....


more detail
15
September

Support Energy Diversification, Pertamina Will Manage 89 Thousands City Gas Households Connections and 53 Units of Gas Station in 2017

BEKASI, March 3rd 2016 – PT Pertamina (Persero) fully support government energy diversification program, one of it through conversion program from oil fuels to gas fuels for households and transportation sector. The goal was mentioned by President Director Pertamina Dwi Soetjipto at his speech in City Gas, Gas Station and Gas Transportation Module (GTM) launching in Bekasi, West Java. Minister of Energy and Mineral Resources Sudirman Said attend the event and launched 18 units Gas Station, 2 City Gas location and 5 GTM with total budget approximately IDR 2.1 trillion.....


more detail