Pertagas Dukung Prabumulih Menjadi Kota Pertama yang 100% Menggunakan Jargas

Translations:

News Summary: Komitmen kuat diberikan PT Pertamina Gas (Pertagas) kepada Kota Prabumulih guna menjadikan kota tersebut sebagai Kota Pertama di Indonesia

Prabumulih (21/8). Komitmen kuat diberikan PT Pertamina Gas (Pertagas) kepada Kota Prabumulih guna menjadikan kota tersebut sebagai Kota Pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya tersambung jaringan gas (jargas). Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT Hendra Jaya di sela-sela lomba masak menggunakan jargas di Taman Wonosari, Prabumulih, Sumatera Selata, Jumat (20/8).
 
Sebagai perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh BUMN 100% milik negara yakni PT Pertamina (Persero), menurut Hendra, Pertagas merasa komitmen itu sangat penting guna mendukung program pemerintah yang telah menunjuk Kota Prabumulih sebagai salah satu kota yang memanfaatkan jargas. "Kami akan dukung sepenuhnya," tegas Hendra di depan ratusan warga Kota Prabumulih, termasuk Walikota Ridho Yahya.
 
Sejak 2013, warga Kota Prabumulih telah menikmati gas alam untuk kebutuhan rumah tangga. Sumber gas kota ini diperoleh dari sumur Pertamina EP Asset-II dengan alokasi gas 0,5 MMSCFD, dan pendistribusiannya melalui pipa milik PT Pertagas. Adapun perusahaan pengelola jargas yang saat ini mencapai 4.650 sambungan tersebut dilaksanakan oleh anak perusahaan Pertagas yakni, PT Pertagas Niaga dengan menggandeng BUMD Prabumulih, PT Petro Prabu.
 
Dukungan nyata Pertagas terhadap jargas ini terlihat dengan penambahan sambungan yang tengah dibangun saat ini. "InsyaAllah dengan dukungan seluruh masyarakat dan Walikota, akhir tahun ini gasnya akan segera mengalir ke 2.626 rumah penduduk Kota Prabumulih," jelas Hendra.
 
Walikota Prabumulih, Ridho Yahya, berjanji akan mempermudah seluruh ijin dan proses pengembangan jargas di daerahnya. "Karena jaringan gas kota ini diminta oleh seluruh warga Kota Prabumulih," ujarnya. Bahkan, ia berharap seluruh warganya bisa segera menikmati jargas di rumahnya mading-masing.
 
Menurutnya, setidaknya terdapat empat alasan utama kenapa seluruh rumah penduduk di Kota Prabumulih memungkinkan untuk dialiri jargas. Selain memiliki sumber gas alam yang berlimpah, jumlah penduduknya tidak banyak, serta ditunjang oleh kondisi pemukimannya yang sudah mengelompok. "Dan yang tidak kalah pentingnya, masyarakatnya mendukung penuh," ujarnya.
 
Masih menurut Ridho, hanya dengan tambahan sekitar 32 ribu sambungan, maka Kota Prabumulih akan langsung menjadi kota pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya menggunakan jarigan gas rumah kota. "Tentu ini bisa menjadi contoh untuk kota-kota lain sekaligus menjadi kebanggaan Pemerintah," tegasnya.
 
Saat ini, Pertamina juga telah ditugasi untuk membangun dan mengelola jaringan gas kota melalui APBN Tahun Anggaran 2015 di Lhoksukon dan Pekanbaru serta mengelola jargas Lhokseumawe. Target tahun ini Pertamina juga bisa segera mengelola jargas di Sidoarjo, Kab. Bekasi, Ogan Ilir, Bontang, Subang dan Bulungan. Targetnya tiga kota gas akan mengalir pada kuarter IV tahun ini.

isexternal: No

Snapshot

News

02
September

PGN Supply 54 BBTUD to PT Pupuk Iskandar Muda through PT Pertagas Niaga

Jakarta – Through PT Pertagas Niaga (PTGN), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) made novation and amendment of Gas Sales Agreement (GSA) with PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). The signed of GSA held virtually by CEO PT Pertagas Niaga, Linda Sunarti and CEO PIM (31/08/20). This signed ceremony attended by Minister of The Ministry of Energy and Mineral Resources (KESDM) Arifin Tasrif, Plt. Dirjen Migas KESDM Ego Syahrial, Head of SKK Migas Dwi Soetjipto, CEO PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, CEO PGN Suko Hartono and CEO PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman.....


more detail
31
August

Sinergi Subholding Gas, Pertagas Uji Coba Alirkan Gas Perdana ke BOB Siak Pusako

SIAK – PT Pertamina Gas selaku afiliasi dari subholing gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penyaluran gas perdana untuk pipa gas distribusi untuk Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako. Tahapan ini dilakukan setelah konstruksi pipa diselesaikan dan PHE Jambi Merang (bagian dari subholding hulu Pertamina) serta Pertagas menyampaikan nominasi gas kepada Transportasi Gas Indonesia (TGI – afiliasi subholding gas), sesuai perjanjian transportasi gas antara Pertagas dan TGI.....


more detail