Sinergi Pertagas, PHM, dan PTK untuk Konversi Bahan Bakar Moda Kapal ke LNG

Translations:

News Summary: PT Pertamina Gas selaku afiliasi PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) menjalin sinergi dengan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Kerjasama dilakukan dalam proyek penyediaan infrastruktur LNG (gas alam cair) bagi kebutuhan ujicoba konversi bahan bakar moda kapal (Diesel Dual Fuel) yang digunakan oleh PHM. Penandatanganan nota kesepahaman lanjutan mengenai proyek tersebut dilakukan secara daring pada Rabu (29/7).

JAKARTA – PT Pertamina Gas selaku afiliasi PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) menjalin sinergi dengan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Kerjasama dilakukan dalam proyek penyediaan infrastruktur LNG (gas alam cair)  bagi kebutuhan ujicoba konversi bahan bakar moda kapal (Diesel Dual Fuel) yang digunakan oleh PHM. Penandatanganan nota kesepahaman lanjutan mengenai proyek tersebut dilakukan secara daring pada Rabu (29/7).
 
Acara penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina Gas Wiko Migantoro, PTH Direktur Utama PT Pertamina Hulu Mahakam Danar Dojoadhi, dan Direktur Utama PT Pertamina Tongkang Nepos MT Pakpahan. Sementara itu, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief S. Handoko, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola MIgas Nanang Untung, Direktur Logistik, Infrastrktur PT Pertamina (Persero), CEO PT Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk Redy Ferryanto turut hadir menyaksikan acara seremoni penandatangan nota kesepahaman tiga afiliasi Pertamina tersebut.
 
Melalui kerjasama ini, Pertagas sebagai bagian dari subholding gas memiliki komitmen untuk ikut menyukseskan program konversi penggunaan BBM ke LNG. Hal ini, diharapkan juga ikut berkontribusi terhadap pengurangan impor BBM khususnya untuk kapal-kapal dari Pertamina Grup. “Kami memiliki pengalaman dalam pengelolaan infrastruktur LNG yang terintegrasi, mulai dari filling station, penyediaan ISO Tank, dan transportasi LNG ke berbagai konsumen,” ujar Corporate Secretary Pertagas Fitri Erika.
 
Menurutnya, kajian awal terhadap proyek ini  baik dari sisi teknis maupun komersial sudah dilakukan sejat September tahun 2019 lalu. “Dengan adanya penandatangan nota kesepahaman ini, kita tentunya berharap akan segera terdapat kesepakatan kerjasama,” harapnya.
Erika menambahkan, proyek ini juga merupakan upaya pengembangan bisnis Pertagas dan sekaligus sebagai bagian dari upaya meningkatkan portfolio bisnisLNG Pertagas.
 
Teknologi DDF  merupakan teknologi yang menggabungkan penggunaan solar dan LNG sebagai bahan bakar kapal. Dalam proyek ini PTK akan memodifikasi mesin pada AHTS Trans Moloco dari diesel menjadi berbahan bakar ganda LNG:HSD (60:40) yang rencananya mulai beroperasi pada Agustus 2021. Bila proyek ini berhasil, maka akan dikembangkan ke fase industri pada kapal-kapal lainnya yang dioperasikan di WK Mahakam.
Sinergi Pertagas, PHM, dan PTK untuk Konversi  Bahan Bakar Moda Kapal ke LNG

 

isexternal: No

Snapshot

News

28
Desember

Maintain Achievement, Pertagas Again Wins Gold PROPER

JAKARTA - Pandemic conditions are not a barrier for PT Pertamina Gas (Pertagas) to maintain good performance. At the end of 2020 Pertagas as a subsidiary of PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) and part of Subholding Gas managed to maintain the highest achievement in the category of environmental performance and community empowerment, namely PROPER Gold for East Java Regional Operations.....


more detail
09
November

6 Program CSR Pertagas Raih Penghargaan di Indonesian CSR Awards 2020

Pada 6 November 2020, program - program CSR Pertagas kembali mendulang prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi diraih dari ajang bergengsi Indonesian CSR Awards 2020. Bertempat di Ballroom JS Luwansa Hotel, Pertagas berhasil meraih kategori platinum untuk 3 program yaitu Asman Toga Melati dari Operation South Sumatera Area, Kelompok Pengasap Ikan Sidoarjo dari Operation East Java Area, dan Kampung Batik Ecoprint dari Operation Kalimantan Area Selain itu Pertagas juga berhasil meraih kategori gold untuk 3 program yaitu Pemberdayaan Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) dari Operation East Java Area, Desa Unggul Petani Berdaya (Saung Patra) dan Kelompok Wanita Capai Impian & Cita-Cita (Kawat Cinta) dari Operation West Java Area.....


more detail