Sinergi Subholding Gas, Pertagas Uji Coba Alirkan Gas Perdana ke BOB Siak Pusako

Translations:

News Summary: SIAK – PT Pertamina Gas selaku afiliasi dari subholing gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penyaluran gas perdana untuk pipa gas distribusi untuk Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako. Tahapan ini dilakukan setelah konstruksi pipa diselesaikan dan PHE Jambi Merang (bagian dari subholding hulu Pertamina) serta Pertagas menyampaikan nominasi gas kepada Transportasi Gas Indonesia (TGI – afiliasi subholding gas), sesuai perjanjian transportasi gas antara Pertagas dan TGI.

SIAK – PT Pertamina Gas selaku afiliasi dari subholing gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penyaluran gas perdana untuk pipa gas distribusi untuk Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako. Tahapan ini dilakukan setelah  konstruksi pipa diselesaikan dan PHE Jambi Merang (bagian dari subholding hulu Pertamina) serta Pertagas menyampaikan nominasi gas kepada Transportasi Gas Indonesia (TGI – afiliasi subholding gas), sesuai perjanjian transportasi gas antara Pertagas dan TGI.
 
“Selain meningkatkan serapan gas PHE Jambi Merang, diselesaikannya proyek ini juga menjadi bentuk sinergi subholding gas meningkatkan utilisasi infrastruktur eksisting TGI ,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Gas Fitri Erika, Senin (24/8). 
 
Pembangunan pipa gas distribusi BOB Siak Pusako ini juga memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan pasokan gas untuk Pembangkit Listrik BOB Siak Pusako. “Dengan dialirkannya gas ke BOB Siak Pusako, kita harapkan masalah defisit pasokan gas dan upaya menjaga ketahanan energi khususnya di Riau bisa teratasi,” jelasnya. Proyek pipa gas ini direncanakan memasok kebutuhan total BOB Siak Pusako hingga sebesar  6.5 MMSCFD. 
 
Erika menambahkan, keberhasilan pembangunan pipa gas di tengah Pandemi Covid-19 ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa Pertagas mampu menerapkan project management yang baik di tengah-tengah pembatasan sosial berskala besar yang sempat diterapkan di beberapa daerah, termasuk di Provinsi Riau. Tahapan Engineering Procurement Constructon (EPC) proyek ini dimulai sejak Oktober 2019 lalu. “Alhamdulillah, berkat dukungan subholding gas, proyek bisa diselesaikan sesuai dengan time schedule dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat,”  katanya.
 
Selain itu, penyelesaian pembangunan pipa gas dengan panjang total 68 km ini,  menjadi komitmen Pertagas ikut mewujudkan upaya subholding gas mengembangkan infrastruktur pipa gas yang ada di Indonesia saat ini. Ruas pipa distribusi baru ini  juga diharapkan semakin memperkuat infrastruktur gas di wilayah Provinsi Riau. Kedepannya selain untuk menyalurkan gas ke BOB Siak Pusako, pipa gas distribusi ini juga akan mampu memenuhi kebutuhan penggunaan gas di kawasan industri baru di wilayah Siak khususnya.
 
Diselesaikannya  pipa gas distribusi BOB Siak Pusako, menambah daftar proyek Pertagas yang rampung sekaligus juga beroperasi tahun ini. Sebelumnya pada Juli 2020, Pertagas juga telah melakukan uji coba gas in di proyek pipa gas Gresik-Semarang.

isexternal: Yes

Snapshot

News

28
Desember

Maintain Achievement, Pertagas Again Wins Gold PROPER

JAKARTA - Pandemic conditions are not a barrier for PT Pertamina Gas (Pertagas) to maintain good performance. At the end of 2020 Pertagas as a subsidiary of PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) and part of Subholding Gas managed to maintain the highest achievement in the category of environmental performance and community empowerment, namely PROPER Gold for East Java Regional Operations.....


more detail
09
November

6 Program CSR Pertagas Raih Penghargaan di Indonesian CSR Awards 2020

Pada 6 November 2020, program - program CSR Pertagas kembali mendulang prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi diraih dari ajang bergengsi Indonesian CSR Awards 2020. Bertempat di Ballroom JS Luwansa Hotel, Pertagas berhasil meraih kategori platinum untuk 3 program yaitu Asman Toga Melati dari Operation South Sumatera Area, Kelompok Pengasap Ikan Sidoarjo dari Operation East Java Area, dan Kampung Batik Ecoprint dari Operation Kalimantan Area Selain itu Pertagas juga berhasil meraih kategori gold untuk 3 program yaitu Pemberdayaan Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) dari Operation East Java Area, Desa Unggul Petani Berdaya (Saung Patra) dan Kelompok Wanita Capai Impian & Cita-Cita (Kawat Cinta) dari Operation West Java Area.....


more detail